Sabtu, 09 Januari 2021

Cara Disable atau Nonaktifkan Fitur Status WhatsApp (Android)

Fitur status pada WhatsApp adalah fitur yang saya sukai sekaligus saya benci. Setiap ada notifikasi WhatsApp, saya membuka aplikasi untuk memeriksa pesan, setelah itu saya melihat-lihat update status dari kontak teman-teman saya. Setelah itu, saya baru sadar kalau saya menghabiskan waktu produktif saya hanya untuk swipe status teman-teman saya di WhatsApp. Hal itu saya lakukan berulang kali, walaupun logika menolak, tetapi kalah oleh rasa penasaran. Semakin tidak produktif, semakin lama juga pekerjaan saya selesai. Menyedihkan, hehe~

Secara resmi, pihak WhatsApp belum mendukung fitur nonaktifkan Status. Saya sebenarnya ragu jika mereka akan menghadirkan fitur ini. 

Berikut adalah cara men-disable atau menonaktifkan fitur status pada WhatsApp:

1. Mute atau Bisukan Status Teman

Ini adalah cara yang paling sederhana, anda tingal tekan dan tahan status kontak anda yang ingin anda bisukan. Kemudian tekan tombol bisukan. Selesai.
Tetapi saya tidak menyukai solusi ini, karena saya harus melalukan hal ini berulang kali. Bayangkan jika saya punya 50 kontak, dan harus mengulangi hal yang sama 50 kali. Capek bos~

2. Tidak Menyimpan Kontak

Sederhana, anda hanya perlu menghapus atau tidak menyimpan kontak teman anda. Untuk solusi yang ini saya juga tidak menyukainya. Akan merepotkan jika kita tidak mempunyai kontak orang-orang terdekat kita, apalagi jika situasinya mendesak dan kita harus menghubungi seseorang. 

3. Jangan Izinkan WhatsApp Mengakses Kontak

Ini adalah solusi tengah antara mute status dan hapus kontak. Jadi, kita menghapus izin akses kontak pada WhatsApp di ponsel kita. Caranya:

  • Masuk ke Pengaturan Ponsel
  • Cari menu Aplikasi atau Manajer Aplikasi atau App Management (Tergantung ROM pada ponsel)
  • Cari WhatsApp
  • Lalu cari menu Izin Akses atau Permissions
  • Ubah izin akses kontak dari Izinkan menjadi Tolak.
Setelah itu, silahkan restart ponsel anda. Atau jika anda tidak mau merestart ponsel, silahkan Paksa Berhenti aplikasi WhatsApp lalu buka kembali.

Setelah itu, nama kontak pada Obrolan atau Chat anda akan menjadi nomor ponsel tanpa nama. Ini adalah efek sampingnya. Tenang, kontak anda masih tetap tersimpan di aplikasi kontak bawaan ponsel anda, silahkan anda periksa. Kemudian status yang sudah terlanjur masuk ke feed kita akan tetap terlihat, sampai otomatis hilang dalam waktu 24 jam.

Jika WhatsApp tidak bisa mengakses kontak (karena kita tidak mengizinkan), lalu bagaimana cara memulai obrolan baru untuk nomor kontak baru? Caranya dengan memanfaatkan https://wa.me/<no_ponsel>. Contoh, jika saya ingin mengirim pesan ke nomor bapak saya, maka saya harus masuk ke browser dan membuat alamat https://wa.me/6289611249808.

Ribet? Tentu~ Maka dari itu, saya sedang membuat aplikasi untuk mengisi kekurangan tersebut. Mohon ditunggu prosesnya.


Semoga bermanfaat. Sekian, terimakasih.

Show Comments