Rabu, 18 Januari 2017

Cara Recovery Atau Mengembalikan Data Dari Memory Card Yang Ter-Format

Mungkin tutorial ini sudah banyak bertebaran di internet, tetapi kali ini saya tulis kembali pengalaman saya merecover atau mengembalikan data dari Memory Card, Micro SD, SD Card, eh Flashdisk dan Harddisk juga bisa menggunakan metode ini. Niatnya utamanya saya tulis tutorial ini untuk dokumentasi saya sendiri jika suatu saat nanti menemukan kasus seperti ini lagi.

Menurut bebapa turorial yang ada, untuk recovery data dari media penyimpanan yang damaged bisa di lakukan dengan software iCare Data Recovery. Sayangnya software ini berbayar, ada juga yang versi tetapi fiturnya di batasi. Dan hanya tersedia untuk platform Windows, tidak ada versi untuk OS Linux atau MacOS.


Oke, pada langkah pertama ini saya anggap anda sudah memiliki iCare Data Recovery (Pro) terinstall di komputer anda.

Pertama, colokan Card Reader yang berisi Memory Card yang akan di selamatkan datanya. Kemudian buka iCare Data Recovery pada Start - All Programs - iCare Data Recovery Pro.

1. Pilih Lost Partition Recovery karena kita akan mengembalikan data dari Memory Card yang error atau rusak.

2. Pilih Memory Card anda, biasanya di tandai dengan label (Unknown) seperti pada gambar no 2.2. Klik tombol Next pada pojok kanan bawah. Kemudian, Memory Card anda akan di scan. Tunggu hingga selesai, sampai muncul jendela seperti di bawah ini.

3. Pilih partisi, lihat pada kolom Suggestion. Pilih yang suggestionnya paling High, kemudian klik tombol Next.

4. Centang partisi yang bericon harddisk, kemudian klik tombol next.

5. Kemudian, pilih folder dimana hasil recovery akan di simpan. Klik tombol next dan tunggu proses copy selesai.

Akhrinya proses recovery selesai, silahkan cek pada folder output yang anda pilih di atas. Biasanya, file hasil recovery tidak 100% normal.

Sekian dan terimakasih

Em Suryadi

Show Comments